Senin, 12 Maret 2012

asuhan kebidanan ibu hamil dengan KET

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan segala puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta anugerah yang dilimpahkan kepada kami sehingga kami dapat menyusun makalah yang bersifat sederhana ini.

Makalah yang tersusun ini adalah hasil maksimal yang dapat kami sajikan. Kami yakin makalah ini masih jauh dari sempurna, karena kami menyadari bahwa kami kurang berpengetahuan  tentang “ Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil dengan KET “  maupun dalam menyajikan makalah serta penyusunan bahasa. Untuk menyempurnakan makalah ini kami mengharap kritik dan saran yang membangun dari pembaca kepada kami agar dalam penulisan makalah berikutnya bisa lebih baik lagi.
Tidak lupa kami sampaikan terima kasih juga kepada Ibu Leli Susanti, S.Si.T  yang telah memberikan arahan serta petunjuk-petunjuk kepada kami dalam rangka menyusun makalah ini dan kami sampaikan kepada temam-teman yang telah bersusah payah demi tersusunnya makalah ini yang telah bekerjasama. Dengan semangat yang tinggi serta keinginan yang keras akhirnya dapat mengatasi kesulitan-kesulitan dan terwujudlah makalah yang sederhana ini.
Walaupun kecil makalah ini semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.
Amin...


                                                                                Yogyakarta, 7 Maret 2012
                                                                                                        Penyusun

                                                                                                        Kelompok 2



DAFTAR ISI
     Halaman
Halaman Judul ..................................................................................................................          i          
Kata pengantar ..................................................................................................................          ii         
Daftar isi  ..........................................................................................................................          iii       
BAB 1      PENDAHULUAN    .......................................................................................             3
A.  Latar Belakang ...............................................................................................           3         
B.  Tujuan Penulisan ............................................................................................           4
C.  Rumusan Masalah ..........................................................................................           4
BAB II     PEMBAHASAN .............................................................................................           
A . Pengertian kehamilan ektopik terganggu         ............................................... 5
B.  Penyebab Kehamilan Ektopik Terganggu       ……………….......................   6
C.   Tanda dan gejala kehamilan Ektopik Terganggu ……………………………              6
D.   Diagnosis kehamilan ektopik terganggu  ……………………………………              8
E.   Penanganan kehamilan ektopik Terganggu  …………………………………              9
BAB III   Asuhan Kebidanan pada ibu hamil dengan KET  ………………………………                       10
BAB IV    PENUTUP .......................................................................................................
A.  Kesimpulan .....................................................................................................
B.  Saran ...............................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................................






BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Di Indonesia komplikasi kehamilan trimester pertama dalam bentuk kehamilan ektopik tidak jarang ditemui. Kehamilan ektopik sering disebutkan juga kehamilan di luar rahim atau kehamilan di luar kandungan. Sebenarnya kehamilan ektopik berbeda dari kehamilan di luar rahim atau di luar kandungan. Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang berimplantasi dan berkembang di luar tempat yang biasa. Biasanya peristiwa implantasi zigot terjadi di dalam rongga rahim tetapi bukan pada serviks dan kornu. Dengan demikian kehamilan yang berkembang di dalam serviks dan atau di dalam kornu (bagian interstisial uterus) walaupun masih bagian dari rahim adalah kehamilan ektopik. Istilah kehamilan di luar kandungan malah jauh menyimpang karena saluran telur, indung telur dan rahim semuanya termasuk alat kandungan, padahal kehamilan ektopik yang terbanyak adalah kehamilan yang terjadi di dalam saluran telur dan bahkan juga pada indung telur. Satu-satunya kehamilan yang bisa disebut di luar kandungan adalah kehamilan abdominal.
Kehamilan ektopik ialah suatu kehamilan yang berbahaya bagi wanita yang bersangkutan berhubung dengan besarnya kemungkinan terjadi keadaan yang gawat. Keadaan gawat ini dapat terjadi apabila kehamilan ektopik terganggu.
Kehamilan ektopik terganggu merupakan peristiwa yang dapat dihadapi oleh setiap dokter, karena sangat beragamnya gambaran klinik kehamilan ektopik terganggu itu. Tidak jarang yang menghadapi penderita untuk pertama kali adalah dokter umum atau dokter ahli lainnya, maka dari itu, perlu diketahui setiap dokter klinik kehamilan ektopik terganggu serta diagnosis diferensialnya. Hal yang perlu diingat ialah, bahwa pada setiap wanita dalam masa reproduksi dengan gangguan atau keterlambatan haid yang disertai dengan nyeri perut bagian bawah, perlu dipikirkan kehamilan ektopik terganggu.

B.     Rumusan Masalah
Apa pengertian, penyebab, tanda gejala, diagnosis dari kehamilah ektopik terganggu dan bagaimana cara menanganinya?

C.     Tujuan Penulisan
1.      Tujuan umum
Untuk mengetahui hal – hal yang berkaitan dengan kehamilan ektopik terganggu.
2.      Tujuan khusus
a.       Untuk mengetahui pengertian kehamilan ektopik terganggu.
b.      Untuk mengetahui penyebab kehamilan ektopik terganggu.
c.       Untuk mengetahui tanda gejala kehamilan ektopik terganggu.
d.      Untuk mengetahui diagnosisi kehamilan ektopik terganggu.
e.       Untuk mengetahui penanganan kehamilan ektopik terganggu.


























BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Kehamilan Ektopik Terganggu

Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang tempat implantasi/ nidasi/ melekatnya buah kehamilan di luar tempat yang normal, yakni di luar rongga rahim Sedangkan yang disebut sebagai kehamilan ektopik terganggu adalah suatu kehamilan ektopik yang mengalami abortus ruptur pada dinding tuba (Wibowo, 2007).
Pembagian menurut lokasi:
a. Kehamilan ektopik tuba: pars interstisialis, isthmus, ampulla, infundibulum, fimbria.
b.Kehamilan ektopik uterus: kanalis servikalis, divertikulum, kornu, tanduk rudimenter.
c.Kehamilan ektopik ovarium:
d.Kehamilan ektopik intraligamenter
e.Kehamilan ektopik abdominal
f.Kombinasi kehamilan dalam dan luar uterus

Kehamilan ektopik yang paling banyak terjadi adalah di tuba, hal ini disebabkan oleh adanya hambatan perjalanan ovum yang telah dibuahi ke kavum uteri, hal ini dapat disebabkan karena :
a.Adanya sikatrik pada tuba
b.Kelainan bawaan pada tuba
c.Gangguan fisiologis pada tuba karena pengaruh hormonal ((Prawirohardjo, 2005).

Kejadian kehamilan tuba adalah 1 di antara 150 persalinan ( Amerika ). Angka kejadian kehamilan ektopik cenderung meningkat.
Kejadian tersebut dipengaruhi oleh factor sebagai berikut:
1.      Meningkatnya prevalensi penyakit tuba karena Penyakit Menular Seksual (PMS) sehingga terjadi oklusi parsial tuba. Terjadi salpingitis, terutama radang endosalping yang mengakibatkan menyempitnya lumen tuba dan berkurangan silia mukosa tuba karena infeksi yang memudahkan terjadinya inflantasi zigot didalam tuba.
2.      Adhesi peritubal yang terjadi setelah infeksi seperti apendisitis atau dometriosis. Tuba dapat tertekuk atau lumen menyempit.
3.      Pernah menderita kehamilan ektopik sebelumnya. Meningkatnya resiko ini kemungkinan karena salpingitis yang terjadi sebelumnya.
4.      Meningkatnnya penggunaan kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, seperti AKDR dan KB suntik derivate progestin.
5.      Operasi memperbaiki patensi tuba, kegagalan sterilisasi, dan meningkatkan kejadian kehamilan ektopik.
6.      Abortus provokatus dengan infeksi. Makin sering tindakan abortus provokatus makin tinggi kemungkinan terjadi sapingitis.
7.      Fertilitas yang terjadi oleh obat-obatan pemacu ovulasi, fertilisasi infitro.
8.      Tumor yang mengubah bentuk tuba ( mioma uteri dan tumor atneksa )
9.      Teknik diagnosis lebih baik dari masa lalu sehingga dapat mendeteksi dini kehamilan ektopik.

B.     Penyebab Kehamilan Ektopik Terganggu
Etiologi kehamilan ektopik telah banyak diselidiki, tetapi sebagian penyebabnya tidak diketahui. Tiap kehamilan dimulai dengan pembuahan telur di bagian ampulla tuba, dan dalam perjalanan uterus telur mengalami hambatan sehingga pada saan nidasi masih dituba, atau nidasinya di tuba dipermudah.
Implantasi mungkin terjadi di :
1.      Ujung fimbriae tuba fallopi (dalam 17 persen kasus)
2.      Di ampula (pada 55 persen kasus)
3.      Di ismus (pada 25 persen kasus)
4.      Di tuba bagian interstisial (pada 2 persen kasus)

C.     Tanda Dan Gejala Kehamilan Ektopik Terganggu
Gambaran klinik kehamilan tuba yang belum terganggu tidak khas, dan penderita maupun dokternya biasanya tidak mengetahui adanya kelainan dalam kehamilan, sampai terjadinya abortus tuba atau rupture tuba. Pada umumnya penderita menunjukan gejala-gejala kehamilan muda, dan mungkin merasa nyeri sedikit di perut bagian bawah yang tidak seberapa dihiraukan. Pada pemeriksaan vagina uterus membesar dan lembek, walaupun mungkin tidak sebesar tuanya kehamilan. Tuba yang mengandung hasil konsepsi karena lembeknya sukar diraba pada pemeriksaan bimanual.
Gejala dan tanda kehamilan tuba terganggu sangat berbeda-beda, dari perdarahan banyak yang tiba-tiba dalam rongga perut sampai terdapatnya gejala yang tidak jelas, sehingga sukar membuat diagnosisnya. Gejala dan tanda bergantung pada lamanya kehamilan ektopik terganggu, abortus atau rupture tuba, tuanya kehamilan, derajat perdarahan yang terjadi, dan keadaan umum penderita sebelum hamil.
1.      Nyeri  adalah gejala yang timbul berkaitan dengan apakah kehamilan ektopik tersebut telah mengalami ruptur. Wanita beresiko tinggi harus menjalani penapisan sedini mungkin sebelum mereka menjadi simtomatik. Untuk yang lainnya, gejala kehamilan ektopik yang paling sering dialami adalah nyeri panggul dan abdomen (95%) dan amenore disertai spoting atau perdarahan per vaginam dalam derajat tertentu
2.      Menstruasi abnormal, sebagian banyak wanita tidak melaporkan amenre, mereka menyalahartikan perdarahan uterus yang sering terjadi pada kehamilan tuba sebagai menstruasi yang sebenarnya. Ketika dukungan endokrin untuk endometrium menurun, perdarahan lebih sedikit dan kadang kala ditemukan pada kehamilan tuba.
3.      Perdarahan per vaginam, dengan matinya telur desidua yang mengalami degenerasi dan nekrosis, selanjutnya dikeluarkan dalam bentuk perdarahan. Perdarahan ini umumnya sediki dan berwarna coklat tua, namun perdarahan yang banyak dari per vagina harus mengarah pikiran kita ke abortus biasa.
4.      Syok karena hipovolemi, tanda syok lebih jelas bila pasien duduk, juga terdapat oliguri.
5.      Pembesaran uterus, pada kehamilan ektopik uterus membesar juga karena pengaruh hormone –hormon kehamilan, tetapi pada umumnya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan uterus pada kehamilan intrauterine yang sama umurnya.
6.      Tumor dalam rongga panggul, dalam rongga panggul dapat teraba tumor lunak kenyal yang disebabkan oleh kumpulan darah di tuba dan sekitarnya.
7.      Perubahan darah, dapat diduga bahwa kadar hemoglobin turun pada kehamilan ektopik terganggu karena perdarahan yang banyak ke dalam rongga perut.


D.    Diagnosis Kehamilan Ektopik Terganggu
Alat bantu diagnostic yang dapat digunakan ialah ultrasonografi,laparoskopi atau kuldoskopi. Diagnosis kehamilan ektopik terganggu pada jenis mendadak tidak banyak mengalami kesukaran, tetapi pada jenis menahun atau atipik bisa sulit sekali.
-          Anamnesa, haid biasanya terlambat untuk beberapa waktu dan kadang-kadang terdapat gejala subyektif kehamilan muda. Nyeri perut bagian bawah, nyeri bahu, tenesmus, dapay dinyatakan. Perdarahan pervaginam terjadi setelah nyeri perut bagian bawah.
-          Pemeriksaan umum, penderita tampak kesakitan dan pucat, pada perdarahan dalam rongga perut tanda-tanda syok dapat ditemukan. Pada jenis tidak mendadak perut bagian bawah hanya sedikit mengembung dan nyeri tekan.
-          Pemeriksaan ginekologi, tanda-tanda kehamilan muda mungkin ditemukan. Pergerakan serviks menyebabkan rasa nyeri. Bila uterus dapat diraba, maka akan teraba sedikit membesar dan kadang-kadang teraba tumor disamping uterus dengan batas yang sukar ditemukan. Suu kadang-kadang naik, sehingga menyukarkan perbedaan dengan infeksi pelvik.
-          Pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan hemoglobin dan jumlah sel darah merah berguna dalam menegakkan diagnosis kehamilan ektopik terganggu, terutama bila ada tanda-tanda perdarahan dalam rongga perut. Pada kasus jenis tidak mendadak biasannya ditemukan anemi,tetapi perlu diingat bahwa penurunan hemoglobin baru terlihat setelah 24 jam.
-          Dilatasi dan kerokan, pada umumnya tidak dianjurkan,karena kemungkinan ada kehamilan dalam uterus bersamaan kehamilan ektopik,hanya 12 sampai 19 % kerokan pada kehamilan ektopik menunjukkan reaksi desidua, perubahan endometrium yang berupa reaksi arias-stella tidak khas untuk kehamilan ektopik.
-          Kuldosentesis, adalah suatu cara pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada kavum douglas ada darah. Cara ini amat berguna dalam membantu membuat diagnosis kehamilan ektopik. Caranya dengan menggunakan jarum spinal no.18 ditusukan kedalam kavum douglas dan dengan semprit 10 ml dilakukan penghisapan. Bila pada pengisapan ditemukan darah, maka isinya disemprotkan pada kain kasa dan diperhatikan apakah darah yang dikeluarkan merupakan; a). darah segar berwarna merah yang dalam beberapa menit akan membeku, darah ini berasal dari vena atau arteri yang tertusuk. b). darah tua berwarna coklat sampai hitam yang tidak membeku, atau yang berupa bekuan kecil-kecil, darah ini menunjukkan adanya hematokel retrouterina.
-          Ultrasonografi, berguna untuk diagnosis kehamilan ektopik. Diagnosis pasti ialah apabila ditemukan kantong gestasi diluar uterus yang didalamnya tampak denyut jantung janin.
-          Laparoskopi, hanya digunakan sebagai alat bantu diagnostik terakhir untuk kehamilan ektopik, apabila hasil penilaian prosedur diagnostik yang lain meragukan. Melalui prosedur laparoskopik, alat kandungan bagian dalam dapat dinilai.secara sistematis dinilai keadaan uterus,ovarium,tuba,kavum douglas dan ligamentum latum.

E.     Penanganan Kehamilan Ektopik Terganggu
Pada umumnya penanganannya adalah laparotomi. Dalam tindakan demikian, beberapa hal harus diperhatikan dan dipertimbangkan, yaitu :
-          Kondisi penderita pada saat itu
-          Keinginan penderita akan fungsi reproduksinya.
-          Lokasi kehamilan ektopik
-          Kondisi anatomic organ pelvis
-          Kemampuan teknik bedah mikro dokter operator
-          Kemampuan teknologi fertilisasi invitro setempat
Hasil pertimbangan ini menentukan apakah perlu dilakukan salpingektomi pada kehamilan tuba, atau dapat dilakukan pembedahan konservatif dalam arti hanya dilakukan salpingostomi atau reanastomosis tuba. Apabila kondisi penderita buruk, missal dalam keadaan syok lebih baik dilakukan salpingektomia.
Jika pasien diperiksa dan diduga kehamilan ektopik, ia harus dikirim kerumah sakit tanpa pemeriksaan vagina. Jika ia dalam keadaan syok , harus dipasang infuse dan dikirim secepatnya. Dapat diberikan morfin, jika wanita tersebut kesakitan.


                                                   


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  
BAB III
ASUHAN KEBIDANAN IBU HAMIL PADA
NY”A” UMUR 25 TAHUN G1P0Ab0Ah0 USIA KEHAMILAN 9+1 MINGGU
DENGAN KEHAMILAN EKTOPIK TERGANGGU
DI RSUD YOGYAKARTA

No. Register                                                    :
Masuk RS/PKM/BPM Tanggal/Pukul            :
Dirawat di ruang                                             :

I.          PENGKAJIAN DATA,  Tanggal/pukul   :        oleh  :
A.       Biodata                                        ibu                                           suami
1.      Nama                         :
2.      Umur                         :
3.      Agama                       :
4.      Suku/bangsa              :
5.      Pendidikan                :
6.      Pekerjaan                   :
7.      Alamat                       :

B.        Data Subjektif
1.      Alas an dating/dirawat
Ibu mengatakan ingin memeriksakan kehamilannya

2.      Keluhan utama


3.      Riwayat menstruasi
Menarche       : 12 tahun                                siklus               : 28 hari
Lama              : 6 hari                                     teratur              : ya
Sifat darah     : merah darah                          keluhan            : tidak ada

4.      Riwayat perkawinan
Status perkawinan     : sah                             menikah ke      : satu
Lama                          : 1 tahun                      usia menikah pertama kali       : 24 th

5.      Riwayat obstetrik : P0 A0 Aho
Hamil ke-
Persalinan
Nifas
TGL
Umur kehamilan
Jenis persalinan
Penolong
Komplikasi
JK
BB Lahir
Laktasi
Komplikasi
Hamil ini








































6.      Riwayat kontrasepsi yang digunakan

No.
Jenis Kontrasepsi
Pasang
Lepas
Tgl
Oleh
Tempat
Keluhan
Tgl
Oleh
Tempat
Alasan

Belum pernah









Menggunakan kontrasepsi








                      
7.      Riwayat kehamilan sekarang
a.       HPM        :                       HPL :              UK :
b.      ANC pertama umur kehamilan    :           minggu
c.       Kunjungan ANC
Trimester I
Frekuensi :           kali
Keluhan   :
Komplikasi:
Terapi       :
Trimester II
Frekuensi :           kali
Keluhan   :
Komplikasi:
Terapi       :
Trimester III
Frekuensi :           kali
Keluhan   :
Komplikasi:
Terapi       :





d.      Imunisasi TT :                  kali
TT 1 : tanggal
TT 2 : tanggal
TT 3 : tanggal
TT 4 : tanggal
TT 5 : tanggal
e.       Pergerakan janin selama 24 jam (dalam sehari)
Ibu mengatakan belum merasakan pergerakan janin

8.      Riwayat kesehatan
a.       Penyakit yang pernah/sedang diderita ( menular, menurun, menahun )
Ibu mengatakan tidak pernah/sedang menderita penyakit menular ( PMS, HIV/AIDS, hepatitis) menurun ( asma,DM,hipertensi), menahun (jantung)

b.      Penyakit yang pernah/sedang diderita keluarga (menular, menurun, menahun)
Mengatakan didalam keluargannya tidak pernah/sedang menderita penyakit menular ( PMS, HIV/AIDS, hepatitis) menurun ( asma,DM,hipertensi), menahun (jantung).

c.       Riwayat keturunan kembar
Ibu mnegatakan didalam keluargannya maupun dari suami tidak ada riwayat keturunan kembar.

d.      Riwayat oprasi
Ibu mengatakan tidak pernah oprasi

e.       Riwayat alergi obat
Ibu mnegatakan tidak ada riwayat alergi obat

9.      Pola pemenuhan kebutuhan
Sebelum hamil                         saat hamil
a.       Nutrisi
Makan
Frekuensi                         :           3x / hari                                   3 x/ hari
Jenis                                 :    nasi,lauk,sayur                           nasi lauk,sayur
Porsi                                 :           1 piring                                    1 piring
Pantangan                        :           tidak ada                                 tidak ada
Keluhan                           :           tidak ada                                 tidak ada
Minum
Frekuensi                         :           4x / hari                                   5 x/ hari
Jenis                                 :    air putih,teh                           air putih, teh
Porsi                                 :           1 gelas                                     1 gelas
Pantangan                        :           tidak ada                                 tidak ada
Keluhan                           :           tidak ada                                 tidak ada
b.      Eliminasi
BAB
Frekuensi                         :           1x / hari                                   1x / hari
Warna                              :           kuning                                     kuning
Konsistensi                      :           lembek                                     lembek
Keluhan                           :           tidak ada                                 tidak ada
BAK
Frekuensi                         :           1x / hari                                   1x / hari
Warna                              :           kuning jernih                           kuning jernih
Konsistensi                      :           cair                                          cair
Keluhan                           :           tidak ada                                 tidak ada

c.       Istirahat
Tidur siang
Lama                                :           tidak pernah                            1 jam/ hari
Keluhan                           :           tidak ada                                 tidak ada
Tidur malam
Lama                                :           7 jam/ hari                               7 jam/hari
Keluhan                           :           tidak ada                                 tidak ada

d.      Personal hygiene
Mandi                              :           2x / hari                                   2x / hari          
Ganti pakaian                  :           2x / hari                                   2x / hari
Gosok gigi                       :           2x / hari                                   2x / hari
Keramas                           :           4x / minggu                             4x / minggu

e.       Pola seksualitas
Frekuensi                         :           4x / minggu                             2x / hari
Keluhan                           :           tidak ada                                 tidak ada

f.       Pola aktivitas ( terkait kegiatan fisik, olah raga )
Ibu mengatakan kegiatan sehari-harinya adalah mengurus rumah tangga seperti menyapu, memasak, mencuci.
Ibu mengatakan jarang berolah raga

10.  Kebiasaan yang mengganggu kesehatan ( merokok, minum jamu, minuman beralkohol)
Ibu mengatakan tidak memiliki kebiasaan yang mengganggu kesehatan seperti merokok,minum jamu,dan minum minuman beralkohol.

11.  Data psikososial, spiritual dan ekonomi ( penerimaan ibu/suami/keluarga terhadap kehamilan, dukungan keluarga, hubungan dengan suami/keluarga/tetangga, perawatan bayi, kegiatan ibadah, kegiatan social, keadaan ekonomi keluarga )
-          Ibu mengatakan keluarga dan suami merasa senang atas kehamilannya
-          Ibu mengatakan mendapat dukungan dari suami,keluarga atas kehamilannya
-          Ibu mengatakan hubungannya dengan suami,keluarga dan tetangganya baik
-          Ibu mnegatakan akan merawat bayinya sendiri dibantu suami
-          Ibu mengatakan taan beribadah ( sholat 5 waktu )
-          Ibu mengatakan aktif mengikuti keiatan social ( arisan )
-          Ibu mengatakan keadaan ekonomi keluarganya mencukupi kebutuhan sehari-harinya

12.  Pengetahuan ibu ( tentang kehamilan, persalinan, nifas)
-          Ibu mengatakan sudah mengetahui tentang kehamilannya,dan belum mengetahui tentang tanda bahaya kehamilannya
-          Ibu mengatakan belum mengetahui persiapan persalinan dan tanda-tanda persalinan
-          Ibu mengatakan belum mengetahui tentang hal-hal setelah persalinan

13.  Lingkungan yang berpengaruh ( sekitar rumah dan hewan peliharaan)
-          Ibu mengatakan lingkungan sekitar rumahnya bersih
-          Ibu mengatakan tidak memiliki hewan peliharaan dirumahnya


C.        Data Objektif
1.      Pemeriksaan umum
Keadaan umum         :
Kesadaran                  :
Status emosional        :
Tanda vital
Tekanan darah           :                                   Nadi    :
Pernafasan                 :                                   Suhu    :
BB                             :                                   TB       :

2.      Pemeriksaan fisik
Kepala           :
Wajah                        :
Mata              :
Hidung          :
Mulut             :
Telinga           :
Leher             :
Dada              :
Payudara        :
Abdomen       :
Palpasi
Leopold I       :
Leopold II     :
Leopold III    :
Leopold IV    :

Osborn test    :
Pemeriksaan Mc. Donald
TFU               :      cm                                                TBJ      :
Auskultasi
Djj                  :           x/ menit

Ekstremitas atas         :
Ekstremitas bawah    :
Genetalia luar            :
Pemeriksaan panggul:


3.      Pemeriksaan penunjang                     tgl        :                       pukul:              WIB

4.      Data penunjang


II.       INTERPRETASI DATA
III.    IDENTIFIKASI DAN ANTISIPASI DIAGNOSA POTENSIAL
IV.    TINDAKAN SEGERA
A.    Mandiri

B.     Kolaborasi

C.     Merujuk


V.       PERENCANAAN


VI.    PELAKSANAAN


VII. EVALUASI





BAB IV
PENUTUP



A.    KESIMPULAN
Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang tempat implantasi/ nidasi/ melekatnya buah kehamilan di luar tempat yang normal, yakni di luar rongga rahim Sedangkan yang disebut sebagai kehamilan ektopik terganggu adalah suatu kehamilan ektopik yang mengalami abortus ruptur pada dinding tuba.
Tanda dan gejala dari kehamilan ektopik biasanya adala nyeri pada perut, perdarahan pada vaginam, terjadi abnormal menstruasi, syok, penurunan hemoglobin,. pada umumnya penanganannya adalah laparotomi.

B.     SARAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar